1.760 Siswa SMA/SMK di Jakbar Dapat Beasiswa RPS


Sebanyak 1.760 siswa SMA-SMK Negeri dan Swasta di Jakarta Barat mendapat beasiswa rawan putus sekolah (RPS)  2011. Pemberian secara simbolis oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi DKI Jakarta H Fadjar Panjaitan berlangsung di halaman parkir timur kantor wali kota Jakarta Barat, Jalan Raya Kembangan no 2, Rabu (28/9) pagi.

Dana beasiswa RPS Sudin Pendidikan Menengah (Dikmen) Jakarta Barat yang bersumber dari APBD DKI itu diperuntukan bagi siswa dari keluarga kurang mampu untuk tahun pelajaran 2011-2012. Alokasi anggaran yang diberikan sebesar Rp 5.068.800.000, diberikan melalui sekolah masing-masing.

Pada sambutannya, Sekda H Fadjar Panjaitan mengatakan sesuai kebijakan Pemprov DKI dalam rencana program jangka menengah daerah (RPJMD) tahun 2007-2012 bidang urusan pendidikan, pada program “Memperoleh Kesempatan Pendidikan dan Meningkatkan Mutu Pendidikan”.

Pemprov DKI memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat Jakarta agar memperoleh pendidikan dan mengembangkan ilmunya dengan tidak membedakan status sosial ekonomi sehingga para siswa dapat mengikuti pembelajaran sesuai bakat dan kemampuannya.

“Dalam program ini, terdapat salah satu kegiatan “Pemberian Bea Siswa Rawan Putus Sekolah”, yang bertujuan membantu para orang tua siswa keluarga pra sejahtera agar putra putri mereka dapat terus melanjutkan sekolahnya tanpa biaya pendidikan,” jelas Sekda.

Disebutkan, total beasiswa yang diberikan tahun ini Rp 5.068.800.000. “Diberikan kepada 1.760 siswa, masing-masing mnerima Rp 2.880.000 untuk satu tahun pelajaran, yaitu mulai bulan Juli 2011 sampai Juni 2012,” papar Sekda.

Menurutnya, kegiatan ini memberikan kontribusi positif dalam membantu warga Jakarta khususnya golongan masyarakat pra sejahtera. “Oleh krena itu Pemprov DKI terus berupaya meningkatkan penanganan beasiswa seperti ini karena bermanfaat langsung bagi masyarakat terutama keluarga yang bernasib kurang beruntung,” ujar Sekda. “Tahun 2012 mendatang kegiatan ini akan ditingkatkan menjadi “Dedicated Program Gubernur” dengan meningkatkan jumlah siswa penerima sesuai kebutuhan masyarakat.”

Kepada siswa penerima beasiswa Sekda mengimbau tingkatkan disiplin dan mematuhi semua tata tertib sekolah. “Gunakanlah dengan penuh perhitungan, manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Tidak semua pelajar dapat kesempatan beasiswa ini, ananda sebagai orang pilihan harus pandai bersyukur, lebih semangat belajar, capailah prestasi dan cita-cita dengan penuh kesungguhan,” imbuhnya.

“Selain itu jauhkan perbuatan tercela seperti tawuran, narkoba dan perbuatan tidak bermanfaat yang dapat merusak nama baik dunia pendidikan dan sekolah,” imbuh Sekda.

Wali Kota Jakarta Barat H Burhanuddin mengatakan dana beasiswa tersebut diberikan kepada sekolah setelah melakukan MoU antara Kasudin Dikmen dengan kepala sekolah. “Selanjutnya dana tersebut dipergunakan oleh sekolah untuk operasional pendidikan di sekolah masing-masing,” katanya.

Kasudin Dikmen Jakbar mengungkapkan beasiswa tahun ini lebih besar dibanding tahun 2010 yang sebesar Rp 1.465.920.000, untuk 509 siswa. Disebutkan, total penerima beasiswa RPS tahun ajaran 2011-2012 sebanyak 1.760  siswa. Rinciannya, 880 siswa SMA terdiri atas 227 siswa sekolah negeri dan 653 swasta. Sedang untuk SMK sebanyak 880 siswa, terdiri atas 85 siswa SMK negeri dan 795 siswa SMK swasta.

Sementara itu Jenita, salah satu siswi penerima beasiswa RPS mengaku bersyukur karena sangat membantu biaya pendidikannya. ”Saya sangat bersyukur memperoleh beasiswa ini, karena akan meringankan beban orang tua,” tutur siswi kelas X SMAN 2. (Aji)

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

 
Design by Automotive | Bloggerized by Free Blogger Templates | Hot Deal