TIPS MENCEGAH KERUT DIWAJAH



Cara mencegah dan mengurangi kerut ternyata tidak sesulit yang kita duga. Antara lain sebagai berikut.

Tidur telentang
American Academy of Dermatology (AAD) mengingatkan, tidur dengan posisi tertentu dapat menciptakan garis tidur - sejenis kerut yang menempel pada permukaan kulit dan tak akan hilang ketika bangun tidur. Tidur miring menyebabkan kerut di pipi dan dagu. Tidur telentang menyebabkan kerut di alis. Untuk mencegah kerut, AAD menganjurkan tidur telentang.

Perbanyak makan ikan, terutama salmon
Salmon beserta ikan laut dingin lainnya, adalah sumber protein yang baik, yang bisa membangun kulit yang baik. Juga merupakan sumber istimewa dari asam omega-3. Menurut Nicholas Perricone, MD., asam lemak esensial memberikan nutrisi pada kulit dan membantu menyintalkan kulit dan tampak muda dengan membantu mengurangi kerut.

Jangan mengerutkan mata
Menurut AAD, gerakan wajah secara berulang seperti mengerutkan otot wajah, membentuk lekuk di bawah permukaan kulit. Lekuk ini lama kelamaan bisa menjadi kerut. Hindari memicingkan mata. Gunakan kacamata baca jika Anda sudah memerlukannya. Kenakan kacamata gelap yang mengandung pelindung UV untuk melindungi mata dari kerusakan sinar matahari dan mencegah mengerutkan mata.

Oleskan alpha-hydroxy acids (AHA)
Asam buah alamiah ini mengangkat lapisan atas sel-sel kulit mati, megurangi tampilan garis-garis halus dan kerut, terutama di sekitar mata. Bukti-bukti baru menunjukkan, dalam kadar tinggi, AHA dapat menstimulir produksi kolagen.
Ganti kopi dengan cocoa
Dalam sebuah studi yang diterbitkan pada Journal of Nutrion, para periset menemukan, cocoa mengandung kadar tinggi dua flavoid makanan: epicatechin dan catechin, berkhasiat melindungi kulit dari kerusakan sinar matahari, meningkatkan sirkulasi ke sel-sel kulit, melembapkan dan membuat kulit tampak dan terasa lebih halus.

Jangan cuci muka secara berlebihan
Menurut ahli dermatologi University of Maryland Medical Center, air keran menghilangkan minyak lapisan pelindung alamiah kulit, menghilangkan kelembapan yang mencegah kerut. Terlalu sering cuci muka berarti menghilangkan kelembapan ini. Jika Anda menggunakan sabun pilih yang soap free dan mengandung pelembap kulit. Kalau tidak, lebih baik gunakan krim atau lotion khusus untuk membersihkan wajah.
Gunakan krim atau lotion vitamin C
Studi-studi di Tulane Univesity dan berbagai lembaga lainnya menemukan, vitamin C yang dioleskan (topical) dapat meningkatkan produksi kolagen, mencegah kerusakan dari sinar UVA dan UVB, mengoreksi masalah pigmentasi, dan memperbaiki kondisi kulit inflamasi. Tapi perhatikan jenis vitamin C yang digunakan. Sampai saat ini, kebanyakan riset menemukan L-ascorbic acid paling ampuh untuk mengatasi kerut.

Perbanyak makan kedelai
Riset menunjukkan, kedelai dapat membantu mencegah atau menyembuhkan berbagai kerusakan photo aging sinar matahari. Sebuah studi yang dierbitkan dalam European Journal of Nutrition, menemukan suplemen dengan dasar kedelai, yang ingredienya juga termasuk vitamin, protein ikan dan ekstrak teh putih, grapeseed, dan tomat, memperbaiki struktur dan kekencangan kulit sesudah 6 bulan.

Lakukan perawatan dasar kulit yang baik
Jika Anda benar-benar ingin kulit Anda awet muda, mulai dengan hal-hal yang mendasar dan penting. Anda mungkin sudah sangat sering mendengarkan, yaitu;

* Hindari sinar matahari
* Kenakan sunscreen
* Jangan merokok
* Gunakan pelembap

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

 
Design by Automotive | Bloggerized by Free Blogger Templates | Hot Deal