Perusahaan Media Italia Gugat YouTube


Perusahaan media Italia, Mediaset Group menggugat YouTube sebesar 780 juta dollar Amerika, dengan dugaan situs tersebut menerima secara ilegal ribuan video milik Mediaset.

Gugatan masuk ke pengadilan sipil Roma, tergugat atas nama YouTube dan Google. Mediaset mengoperasikan stasiun televisi di Italia dan Spanyol, selain itu, perusahaan tersebut memproduksi film dan TV Show. Sebagai catatan, Wakil Ketua Mediaset Group ialah putra Perdana Menteri Italia, Silvio Berlusconi.

Perusahaan mengklaim bahwa sampai 10 Juni, terdapat 4643 video klip di YouTube, dengan total 325 jam materi yang dimiliki Mediaset Group. Perusahaan yakin tiga stasiun TV di Italia kehilangan 315.672 pemirsanya setiap hari. Gugatan yang diberikan tidak termasuk hilangnya penghasilan dari iklan.

Pihak YouTube mengatakan bahwa kebijakan perusahaan akan menghapus video yang tidak berijin jika ada komplain dari pihak pemilik video (perusahaan media). “Tuntutan seperti ini mengancam cara seseorang untuk bertukar informasi, berita, hiburan, ekspresi seni dan politik melalui internet,” ujar pihak YouTube Rabu kemarin. “YouTube menghargai pemegang hak cipta dan menganggap serius masalah hak cipta ini. Kami melarang user meng-upload materi yang tidak berijin dan kami bekerja sama dengan para pemegang hak cipta untuk mengidentifikasi dan dengan cepat kami menghapus materi yang tidak berijin jika mendapatkan laporan resminya.”
Saat ini, YouTube juga sedang berjuang dengan tuntutan sebesar 1 miliar dollar yang dilayangkan oleh raksasa media, Viacom, dimana klaimnya adalah isi yang ada di YouTube tidak berijin juga.

Penulis : Arief Lukman
FTI - Universitas Atmajaya

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

 
Design by Automotive | Bloggerized by Free Blogger Templates | Hot Deal